rss
twitter
    Go_Blog Biar Pinter @ DNS Blogger

Selasa, 08 Februari 2011

Pengen Tau Apa Arti Warna Kesukaan Mu???, Atau Pengen Tau Warna Apa yg Paling Cocok Buat Kamu??? Cekiprot(Psikoligis Warna)

artikel ini postingan pertama ane Gan, di sini ane akan berbagi ilmu tentang Psikologis Warna yang ane dapet dari beberapa sumber. tanpa banyak basa-basi langsung aja ya Gan, n' semoga bisa bermanfaat...

Warna adalah salah satu elemen estetika yang pertama terlihat dan paling cepat diingat yang menghasilkan daya tarik visual dan merupakan fenomena getaran/gelombang cahaya. Warna akan membuat kesan atau mood untuk keseluruhan gambar/grafis. Warna merupakan unsur penting dalam grafis karena dapat memberikan dampak psikologis kepada orang yang melihatnya. Dalam komunikasi grafis, penggunaan warna perlu ditata dan disusun dengan tepat sehingga dapat menimbulkan suasana dan kesan sesuai dengan yang diinginkan.








Kolerasi Psikologi Antara Warna dengan Manusia

*Merah
Merah Sifat umumnya yaitu religius, suci, berani, perlu diperhatikan atau perlu mendapat perhatian lebih. Secara positif, warna merah mengandung arti cinta, keberanian, agresif, merdeka, kehangatan. Secara negatif, warna merah mengandung bahaya, perang, iblis, darah, anarki, siksaan. Didalam sejarah Cina, warna merah melambangkan sukacita. Warna merah dalam sejarah Cina selalu dapat dikombinasikan dengan warna apa saja dan selalu mengandung makna gembira. Misalnya warna hitam diatas merah atau merah di atas hijau yang bearti suka cita, sedangkan apabila hari-hari khusus yang penuh sukacita seperti pesta pernikahan warna emas diatas warna merah. Sedangkan lambang kerajaan biasanya dilambangkan warna merah diatas warna kuning.


* Kuning
Kuning merupakan yang memiliki Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan, pencerahan dan intelektualitas. Dalam agama Hindu, warna kuning adalah warna yang keramat.

* Biru
Biru Adalah warna yang paling sering digunakan. Warna biru mempunyai sifat menenangkan. Warna ini melambangkan adil, pengabdian, berpikir, konsisten, langit dan laut. Kesan negatifnya adalah depresi, basi, keraguan, iblis. Di Amerika, warna biru melambangkan anak lelaki yang gagah berani. Biru tua Melambangkan kekuatan, kaisar, cinta kebenaran, sabar, nostalgia, spiritual dan kerendahan hati.Warna ini juga bisa berarti penyesalan, penghinaan dan martir.

Jingga / Orange

Orange Warna orange mengandung kecerian, determinasi, ambisi bisa juga berarti kesuksesan. Selain itu, warna orange juga bisa mengandung pengertian kedengkian, kebimbangan. sedangkan Warna emas memiliki daya pantul paling tinggi dibanding dengan warna lain. Mengandung nilai yang tinggi seperti emas, kehangatan, pencerahan, intelektual. Kesan negatifnya adalah warna yang sakit, pengecut, penghianat. Didalam beberapa kebudayaan terutama budaya timur, warna emas merupakan warna yang suci. Tetapi dibeberapa tempat misalnya Israel, warna emas berarti penghinaan (karena pengaruh perang dunia kedua).

* Hijau
Warna hijau mengandung kesuburan, melambangkan alam, kesegaran, simpati, hidup, muda dan kesehatan bisa juga melambangkan uang atau kemakmuran. Unsur negatifnya adalah warna hijau berarti cemburu, licik, gila. Didalam sejarah Cina, warna hijau adalah warna perempuan. Sedangkan dalam budaya muslim, warna hijau adalah warna yang suci.

(Gbr x mulai ngaco nih...)
* Ungu
Ungu merupakan warna yang memiliki Psikologi: Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan, Ramah, Romantis, dan Mandiri. 


* Coklat
Coklat Melambangkan natural, bumi dan mencerminkan sifat dapat dipercaya.Tetapi warna coklat bisa juga berarti kemiskinan dan tandus. Di Jepang, warna coklat berarti wibawa. 

* Hitam
Hitam Merupakan warna yang memiliki kesan elit dan berkelas, kuat, agung, teguh dan rendah hati, kesan negatifnya adalah hampa, sedih, putus asa, jahat, dosa, kematian atau bisa juga penyakit.

("Ape liat2....")
* Abu-abu
Abu-abu Merupakan warna yang bijaksana, kedewasaan, tidak egois, tenang dan seimbang. Selain itu warna abu-abu juga bisa mengandung arti lamban, kuno, lemah, mandul. Di Jepang sendiri, warna abu-abu dilambangkan sebagai tentara.

(klo 'ni jagoan ane waktu kecil Gan'...)  n_n
* Putih
Putih Warna putih merupakan warna yang murni, suci, steril, bersih, sempurna, jujur, sederhana, baik. Warna putih biasa melambangkan malaikat, suster. Warna ini juga bisa berarti mati karena pucat, hantu, dingin dan hampa. Di Cina, warna putih bila dipadukan dengan warna merah bearti keberuntungan.





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jika menurut Sobat artikel di atas menarik atau bermanfaat, mohon beri komentar. Tapi tetep dijaga sopan santunnya ya Boss....!!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Mengenai Saya

Foto Saya
Blogger amatir yg baru belajar ngeblog, ancur-ancuran....